Sabtu, 19 Maret 2011

Polusi, Picu Asma Anak

Sebuah studi di Amerika melaporkan, anak-anak yang sejak bayi kerap terpapar polusi lalu lintas dan endotoksin berisiko lebih tinggi mengalami asma. Endotoksin merupakan salah satu komponen bakteri yang bersifat toksin (racun), yang dapat memicu respons sistem kekebalan tubuh seseorang. Nah, endotoksin ini ternyata juga ditemui pada debu dalam ruangan.

Dalam studi terbaru ini, tim peneliti dari University of Cincinnati College of Medicine menemukan adanya mengik pada 36 persen anak usia tiga tahun yang saat bayi sering terpapar partikel polusi udara dan endotoksin dalam debu. Mengik adalah suara keras yang terdengar ketika bernapas. Kondisi yang juga kerap disebut bengek ini merupakan penanda awal asma dan gangguan paru.

Gejala mengik terlihat pada 11 persen anak yang saat bayi terpapar allergen (pemicu alergi) berkadar rendah di dalam maupun luar ruangan. Sementara anak yang terpapar polusi lalu lintas tingkat tinggi dan endotoksin di dalam ruangan angkanya lebih tinggi, yakni 18 persen. Paparan endotoksin sendiri menunjukkan dampak yang lebih sedikit pada anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar